Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda : Diet Kaya Serat Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda : Diet Kaya Serat ~ makanan sehat ibu hamil

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda : Diet Kaya Serat

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda : Diet Kaya Serat

Kehamilan merupakan proses bertemunya sel telur dengan sperma yang kemudian akan terjadi pembuahan. Pada periode kehamilan, banyak wanita hamil yang mengeluhkan konstipasi. Konstipasi itu sendiri adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan untuk Buang Air Besar (BAB). Hal ini merupakan keadaan yang normal pada ibu hamil, karena konstipasi termasuk salah satu tanda-tanda awal kehamilan. Walaupun keadaan ini dikatakan normal, tetapi sangat mengganggu aktivitas pada ibu hamil terlebih pada trimester awal. 

Penyebab dari konstipasi adalah kurangnya konsumsi serat pada ibu hamil. Bisa jadi, kurangnya konsumsi serat dikarenakan ibu hamil trimester pertama biasanya mengalami mual muntah. Secara tidak langsung, rasa mual muntah tersebut akan mendorong ibu hamil menjadi tidak nafsu makan. Karena tidak ada intake atau masukan makanan apapun, akhirnya ibu hamil menjadi kekurangan vitamin, serat dan lain-lainya. Hal inilah yang memicu terjadinya konstipasi.

Sayuran hijau sebagai makanan sehat untuk ibu hamil muda

Banyak cara untuk meringankan konstipasi pada ibu hamil trimester awal khususnya, salah satunya adalah diet kaya serat. Diet kaya serat ini, haruslah terdaftar sebagai makanan sehat untuk ibu hamil muda. Makanan yang mengandung kaya serat, contohnya buah pepaya, pisang, dan minuman yogurt. Tidak hanya buah-buahan dan yogurt saja, namun kaya serat juga bisa didapatkan pada sayur-sayuran yang berwarna hijau. 

Namun, khusus untuk yogurt tidak disarankan untuk ibu hamil yang mempunyai riwayat penyakit maag. Karena yogurt merupakan hasil fermentasi dari susu sapi, sehingga rasanya asam. Ditakutkan apabila ibu hamil dengan riwayat maag mengkonsumsi yogurt, maka perut akan menjadi sakit dan akan berkomplikasi menjadi diare.

Selain diet kaya serat, untuk meringankan konstipasi maka ibu hamil dianjurkan untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari. Selain memperlancar Buang Air Besar, mengkonsumsi air putih juga bermanfaat untuk mengganti cairan yang hilang agar ibu hamil tidak mudah dehidrasi ketika awal kehamilannya dan di waktu melakukan aktivitasnya juga. Selamat Mencoba !
Previous
Next Post »
Thanks for your comment