Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama ~ makanan sehat ibu hamil

Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Trimester pertama adalah, suatu periode kehamilan (1 bulan – 3 bulan) dimana si ibu hamil banyak yang merasa kesulitan dalam menghadapinya. Dikarenakan, pada trimester ini tanda-tanda kehamilan sudah mulai bermunculan, seperti morning sickness (mual muntah, perubahan bentuk tubuh, konstipasi (sembelit), sensitif terhadap bau-bauan, ngidam (keinginan yang teramat sangat terhadap sesuatu), dan masih banyak yang lainnya. Sehingga pada trimester ini, anda harus dituntut untuk selalu menjaga kesehatan, agar tidak terjadi sesuatu yang diinginkan terhadap kehamilan anda.

Macam-Macam Makanan Sehat Ibu Hamil Di Trimester Pertama


Adapun cara untuk menjaga kesehatan, yaitu dengan selalu memperhatikan setiap apa yang akan anda konsumsi ketika sedang hamil. Hal tersebut memang terlihat sepele, tetapi sangatlah penting untuk dipertimbangkan. Berikut makanan sehat ibu hamil pada trimester pertama kehamilan yaitu :

· Buah-Buahan
Ketika ibu hamil, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Karena Vitamin C ini, sangat bermanfaat sebagai antioksidan atau daya tahan kekebalan tubuh untuk melawan virus, bakteri serta infeksi. Contoh buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C adalah jeruk. Namun, apabila si ibu hamil mempunyai riwayat penyakit maag, alangkah baiknya menghindari buah ini dan mencari buah lainnya yang mempunyai rasa tidak terlalu asam, tapi tetap memiliki kandungan vitamin C juga.

· Sayuran 
Sayuran yang berwarna hijau sangat bagus untuk tubuh. Pada ibu hamil, sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayuran yang banyak mengandung zat besinya (Fe). Karena, ini dapat menambah kadar hemoglobin, sehingga ibu tidak mudah lemah, letih dan lesu di trimester pertama kehamilan.

· Sereal atau Makanan Bernutrisi
Sereal ini mengandung gandum yang utuh dan karbohidrat sebagai sumber tenaga. Biasanya pada trimester awal kehamilan, banyak para ibu yang sangat sensitif dengan bau nasi. Jadi, apabila si ibu hamil tercium bau nasi sedikit saja, rasanya mual dan ingin muntah. Sehingga, sereal sangat cocok sebagai makanan pengganti nasi ketika anda hamil, sebab kandungan gizinya juga sama dengan nasi. Disamping itu, rasanya juga lebih enak jika dibandingkan dengan nasi

Dari ketiga makanan tersebut, masih banyak makanan lainnya yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil. Jadi, jangan bosan-bosan untuk mencari info terbaru seputar kehamilan anda.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment